Kamis, 04 April 2013

Konsep dan Perkembangan Kredit Pertanian Di Provinsi Lampung


Nama            : Fadloli Akhmad
NPM : 1114131043
P.S     : Agribisnis

Tugas Ekonomi Pertanian

Konsep dan Perkembangan Kredit Pertanian Di Provinsi Lampung


1.      Peranan Bank Pertanian dan Penanggulangan Risiko
Kredit pertanian merupakan salah satu kebutuhan penting bagi mayoritas petani di sejumlah negara, terutama di negara berkembang yang berbasiskan pertanian. Kelangkaan kredit pertanian dapat berpengaruh terhadap produktivitas dan pendapatan petani khususnya bagi petani gurem. Dalam sejarah pembangunan pertanian Indonesia, pemerintah telah banyak mengimplementasikan program kredit untuk petani. Walaupun demikian, efektivitas dan keberlanjutannya serta peranannya masih jauh dari yang diharapkan.
Disinilah bank pertanian bisa mengambil peranan untuk memberikan kredit kepada petani. Secara umum, kredit yang diberikan untuk sektor pertanian menetapkan tingkat suku bunga lebih rendah dibandingkan sektor non-pertanian. Bank Pertanian diharapkan tidak hanya menyediakan modal,

namun juga menyentuh aspek non-ekonomi dari petani dengan meningkatkan sikap bisnis dan pengetahuan petani serta meningkatkan manajemen mereka dalam berbisnis. Hal ini dilakukan untuk mendorong pertumbuhan sektor pertanian, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi pedesaan. Tingkat risiko yang tinggi juga disebabkan oleh sistem pembiayaan di perbankan yang tidak membedakan antara sektor pertanian dan non-pertanian. Karena itu bank pertanian seharusnya bisa memberikan kredit dengan tingkat bunga yang kecil, sistem penyaluran, dan sistem pengembalian, karena usaha dalam bidang memiliki tingkat risiko yang tinggi. Faktor eksternal seperti berubahnya iklim dan cuaca yang tidak menentu, dapat meningkatkan risiko gagal panen. Oleh karena itu bank pertanian bisa mengadopsi sistem dengan pemberian kredit dengan tingkat suku bunga kecil dan membuat suatu kontrak yang tidak merugikan petani bisa menjadi solusi penanggulangan risiko ini.

2.      Peluang dan Potensi Bank Pertanian
Tidak dapat dipungkiri, sektor pertanian dan pedesaan memiliki peran sangat strategis dalam pembangunan nasional. Soekartawi (1996) menyebutkan peran tersebut di antaranya adalah sebagai andalan mata pencaharian sebagian besar penduduk, penyumbang bagi PDB, kontribusi terhadap ekspor (devisa), bahan baku industri, serta penyedia bahan pangan dan gizi. Beberapa kali sektor pertanian juga mampu menjadi penyangga perekonomian nasioanal saat terjadi krisis ekonomi.
Walaupun sangat strategis, sektor pertanian seringkali dihadapkan pada permasalahan terutama lemahnya permodalan. Jadi pendirian bank pertanian di indonesia memiliki peran untuk membantu petani dalam masalah permodalan atau kredit.Dalam hal ini kredit memberikan kesempatan kepada petani dalam beberapa hal yaitu : pembelian input produksi seperti benih, pupuk, dan pestisida, pembelian alat dan mesin pertanian, melakukan diversifikasi antara berbagai jenis komoditas atau ternak dengan tanaman yang bernilai tinggi, melaksanakan pengolahan pasca panen dalam rangka meningkatkan nilai tambah produk pertanian.
Potensi pendirian bank pertanian memiliki prospek yang cukup cerah. Potensi dan peluang pendirian bank pertanian juga dilandasi oleh dua faktor bahwa pelaku sektor pertanian dan pedesaan berjumlah sangat besar yang tersebar di seluruh pedesaan Indonesia, dan dari pengalaman masa lalu potensi saving dan kredit masyarakat petani adalah tinggi. Bisa dilihat dalam dua dekade terakhir (1984-2004) masyarakat yang semula (1984) hanya Rp. 0,3 Milyar untuk produk Simpedes dan non-simpedes, menjadi Rp24,4 triliun pada 2004.
Potensi untuk pembentukan bank pertanian di Indonesia jika dilihat dari keberadaan sumberdaya (pertanian) maupun kelembagaan keuangan juga cukup terbuka. Berdasarkan Sensus Pertanian (SP) 2003, jumlah Rumah tangga pertanian tercatat 25,6 juta. Besaran ini dapat menjadi proksi akan segmen pasar yang cukup besar bagi “bank pertanian” bila digarap dengan baik. Potensi lain untuk mendirikan bank pertanian dapat dilihat dari sisi potensi pasar. Sebagai contoh, untuk mendukung pengadaan sarana produksi padi secara nasional dibutuhkan ketersediaan dana sekitar Rp 18,48 triliun dan ini dapat dikatakan sebagai Captive Market bagi usaha finansial di sektor pertanian. Angka tersebut diturunkan dari luas sawah nasional sekitar 7,7 juta hektar, dengan menggunakan pendekatan KUT atau KKP untuk pembiayaan usahatani padi dibutuhkan sekitar Rp 1,2 juta per hektar dengan asumsi intensitas tanam 200%.

3.      Urgensi Bank Pertanian dan Kendala yang Dihadapinya
Secara konseptual, keberadaan lembaga pembiayaan khusus sektor pertanian di Indonesia dapat dikategorikan sangat penting. Hal ini setidaknya dilandasi oleh beberapa alasan (Ashari, 2010). Pertama, sektor pertanian memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan nasional, seperti dalam menyerap tenaga kerja, sumber pangan, pemasok bahan baku industri, sumber devisa dll. Jika ada dukungan pendanaan yang memadai, seperti halnya bank pertanian, maka peran sektor pertaniaan akan dapat lebih ditingkatkan. Kedua, potensi pembiayaan yang sangat besar di sektor pertanian baik dari sisi SDM, SDA, maupun peluang bisnisnya.Jumlah rumah tangga pertanian (RTP) menurut SP 2003 sekitar 25,6 juta yang bekerja di subsektor tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, dan peternakan. Bisnis pertanian juga terbuka luas dari subsistem penyediaan saprodi, budidaya, panen/pasca panen, hingga pemasaran. Ketiga, masih minimnya alokasi kredit untuk sektor pertanian, sehingga masih terbuka peluang usaha yang sangat besar untuk ekspansi pasar kredit pertanian karena belum mengalami kejenuhan.
Kemudian, belum berjalannya bank pertanian dihalangi oleh kendala. Hal ini didasari oleh beberapa kendala menurut Pramulya dalam Agro Observer (2009), antara lain: [1] bank kredit yang berfokus pada satu sektor tidak akan viable, mengingat tidak adanya bank yang terspesialisasi memenuhi semua fungsi; [2] bank spesialis sangat bergantung pada sumber keuangan atau dana dari luar baik budget pemerintah atau lembaga donor dan tidak dapat memenuhi hubungan komplementer antara tabungan dan investasi; [3] bank yang sifatnya spesialisasi akan terisolasi dari lingkungannya dan tidak dapat menarik bagi penabung untuk membiayai pertanian; dan [4] pembiayaan kredit bagi pertanian mendistorsi pasar untuk kredit.

4.      Perbandingan Bank Pertanian di Negara Lain
Jika ingin membandingkan bank pertanian di Indonesia dengan negara lain kita tidak perlu jauh-jauh berkeliling dunia cukup dengan melihat tetangga sebelah kita, Malaysia. Di indonesia Bank pertanian hanya sebatas program sebuah bank konvensional atau program pemerintah belum sampai membentuk sebuah bank pertanian utuh yang tidak menarik keuntungan semata akan tetapi lebih berkonsentrasi terhadap kemajuan akan pertanian itu sendiri.
Di indonesia baru mengenal bank umum seperti BRI dengan program Simpedes nya BPR (bank perkreditan rakyat) kemudian BKD (badan kredit desa) koperasi simpan pinajm (KSP) USP (usaha simpan pinjam) dan lain-lain. sedangkan di Malaysia,negara yang sempat berkiblat pertanian ke Indonesia telah berdiri BPM (bank pertanian Malaysia) sejak 1969. Sebuah lembaga keuangan yang murni mengurusi masalah keuangan pertanian. Bank Pertanian Malaysia (BPM) ini telah memiliki banyak program-program terbaik dalam menunjang pertanian negara tersebut. Seperti 3F (fund for food), skim tanaman kelapa sawit, skim usahawan tani (MUST), skim usahawan tani komersial siswazah (SUTKS) serta program-program pertanian lainnya.
Sementara di Indonesia, memang telah banyak lembaga keuangan yang telah nyata menyalurkan modal untuk pertanian, namun belum berada pada satu wadah lembaga khusus yang menangani pertanian itu sendiri. Contohnya LKMP (lembaga kredit milik petani) dengan anggota di tiap LKMP 100 orang, secara empirik petani Indonesia berjumlah 24 juta orang maka dapat terbentuk 240 ribu LKMP dengan aset tiap LKMP 25 juta maka aset LKMP tersebut bisa mencapai 6 triliun rupiah (winarno dan habib,2006). Potensi ini telah terlihat namun belum di jadikan suatu lembaga keuangan sendiri yang mungkin bisa dinamakan bank pertanian. Dalam hal bank pertanian terdapat beberapa teori-teori bank pertanian yang dapat di peroleh contoh :
Bank pertanian atau perkreditan pertanian sangat dibutuhkan oleh para petani di manapun di dunia ini karena masalah mendasar bagi seluruh petani apalagi di negera yang berkembang adalah modal, karena modal dalam hal ini kredit merupakan a command over resources yaitu instrumen yang memungkinkan seseorang memperoleh akses atau memperluas kontrol terhadap suatu sumberdaya (direktorat pembiayaan,2004). Keterbatasan mengakses kredit pertanian ini biasa nya terhalang oleh persyaratan agunan (collateral) atau tingkat pendidikan yang rendah sihingga mereka kurang paham dengan konsep perkreditan itu sendiri.
Sehingga mempengaruhi input produksi mereka seperti pupuk bibit dan lain-lain. sebuah konsep pun tercetus bahwa untuk memutus lingkaran setan dari pendapatan rendah memupuk modal rendah,kemapuan membeli sarana produksi rendah serta produktivitas rendah maka kredit di anggap salah satu alat pemutus kejadian serta masalah tadi (tampubolon,2002) . maka hampir di setiap negara terutama di negara berkembang mengeluarkan kebijakan yang akurat dan relevan seperti bank pertanian yang konsentrasi pada pertanian itu sendiri.Konsep-konsep untuk membentuk Bank pertanian di indonesia antara lain: a) Pendekatan pola pendirian credit-agricole france,b) Pola pendirian bank BUKOPIN yang diarahkan untuk mendanai kegiatan pertanian di pedesaaan dengan kredit berbunga rendah dan aksesibilitas tinggi, c) Foreign direct investment untuk menyokong estabilished bank pertanian, dan d) Memanfaatkan lembaga keuangan lokal yang telah hadir terlebih dahulu  Lembaga Keuangan Mikro Pertanian (LKMP) sebagai mitra dalam hal mendukung berdirinya bank pertanian.

5.      Kredit dalam Pertanian
Macam kredit yang pernah diberikan pemerintah :
a. Bimas
b. KIK (Kredit investrasi kecil)
c. KMKP (Kredit Modal Kerja Permanen)

Pentingnya peranan kredit disebabkan oleh :
a. kenyataamn bahwa secara relatif memang modal meriupakan faktor produksi nonalami (bikinan manusia) yang persediaannya masing sangat terbatas terutama dinegara-negara yang sedang berkembang.
b. sangat kecil kemungkinan untuk memperluas tanah pertanian
c. persediaan tenaga kerja yang melimpah

6.      Masalah perkreditan dalam infestasi
Masalah dalam kredit pertanian yaitu:
a. Pemberian kredit usahatani dengan bunga yang ringan perlu untuk memungkinkan petani melakukan inovasi-inovasi dalam usahataninya.
b. Kredit itu harus bersifat dinamis yaitumendorong petani untuk menggunakansecara produktif dengan bimbingan dan pengawasan yang teliti.
c. Kredit yang diberikan selain bantuamn modal juga merupakan perangsang untuk menerima petunjuk-petunjuk dan bersedia berpartisipasi dalam programpeningkatan produksi.
d. Kredit pertanian yang diberikan kepada petani tidak perlu hanya terbatas padakredit usahatani saja yang l;angsung diberikan bagi produksi pertanian tetapiharus pula mencakup kredit-kredit untuk kebutuhan rumahtangga (kreditkonsumsi).

7.      Kredit produksi dan kredit konsumsi
Untuk membedakan antara kredit produksi dan kredit konsumsi pada usahatanisubsisten sulit dibedakan, sehingga pernah diusulkan hanya dinamakan kredit tanisaja.Syarat bisa dilaksanakannya kredit konsumsi antara lain :
a. Barang-barang ataunjasa yang akan diperoleh dengan kredit itu memang sungguhdiperlukan sekali.
b. Tidak ada jalan lain yang lebih baik dan tidak dapat menunggu hinggapenghasilan naik.
c. Petani dapat mengambelaikan kredit tersebut dengan cara yang tidak mengakibatkan kemerosotan taraf hidupnya.

8.      Struktur Perkreditan Pertanian
Macam-macamn kredit perorangan :
a. Kredit dengan jaminan tanaman (ijon)
b. Kredit dengan jaminan tanah (gadai tanah)
c. Kredit uang atau barang yang dibayar kembali denganuang atau barang tanpa jaminan
Macam-macam lembaga perkreditan
a. Bank yang meliputi Bank Desa, Lumbung Desa dan BRI
b. Perusahaan Negara Pegadaian
c. Koperasi-koperasi dan Koperasi Pertanian (Koperta)

 

9.      Perkembangan Kredit Pertanian di Lampung
Badan Layanan Umum Daerah pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Lampung dibentuk berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Lampung Nomor : 25 tahun 2007 dan Pergub Nomor: 23 tahun 2007 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran dan Pengembalian Dana PMUK Bergulir Subsektor Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung. Serta Keputusan (SK) Gubernur Lampung Nomor :G/278/III.09/HK/2007, tentang Pembentukan Tim Pelaksana Program Pemberdayaan Kelompoktani (PMUK) Bergulir Subsektor Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung. BLUD pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung dikelola oleh beberapa orang saja, yang dimotori oleh serong Penyuluhan Pertanian Provinsi dan tugasnya bukan melulu mengurusi badan saja, tetapi juga tugas lainnya. Ketika BLUD pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Lampung mulai beroperasi, kelompoktani peminatnya membludak. Laris-manis seperti barang yang diobral oleh penjualnya, akibatnya dana yang tersedia habis. Hal itu jelas indikator bahwa para petani/kelompoktani memang sangat membutuhkan pinjaman lunak untuk usahataninya. Betapa tidak, BLUD yang baru tumbuh itu telah berhasil mengumpulkan dana perguliran Penguatan Modal Usaha Kelompok(PMUK) komoditas Jagung tahun anggaran 2006, sebesar Rp 2,2 milyar lebih pada awal tahun 2008. Sampai dengan akhir April 2008 dana yang telah terkumpul tersebut, disalurkan kembali kepada para petani dalam bentuk pinjaman sekitar Rp 2,1 milyar lebih. Dan saldo yang ada tinggal Rp 37 juta lebih. Tetapi mengapa hal itu, dan keberadaan BLUD tidak mendapat tanggapan yang serius dari pemerintah/penguasa terkait? Sampai dengan akhir April 2008, para petani/kelompoktani yang telah dilayani oleh BLUD pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Lampung (sekarang Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung) adalah 39 kelompoktani yang terdiri dari 907 orang anggota petani. Para petani tersebut tersebar di 20 desa, dalam 11 kecamatan dan tercakup dalam 6 kabupaten. Masih banyak kelompoktani yang sangat membutuhkan pinjaman dengan bunga rendah dalam usahataninya, namun karena keterbatasan dana yang dikelola oleh BLUD, maka banyak kelompoktani yang terpaksa belum dilayani. BLUD menurut Permendagri nomor 61 tahun 2007, adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah atau Unit Kerja pada Satuan Kerja Perangkat Daerah dilingkungan pemerintah daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisien dan produktivitas.

10.  Kredit Perbankan Sektor Pertanian di Provinsi Lampung
Kredit perbankan untuk sektor pertanian di Wilayah Lampung hingga Agustus 2011 tercatat sebesar Rp2,42 triliun atau 8,54 persen dari total kredit pertanian di Sumatera yang mencapai Rp28,35 triliun. Menurut Pemimpin Kantor Bank Indonesia (KBI) Bandarlampung, Gandjar Mustika, di Bandarlampung, Sementara ini total kredit perbankan untuk sektor pertanian dan perikanan di Tanah Air mencapai Rp99,14 triliun.
Dari jumlah total kredit sektor pertanian dan perikanan itu, masih terpusat di wilayah Jawa (57,81 persen), disusul Sumatera (29,02 persen) dan Kalimantan (10,55 persen).
Menurut Gandjar, dari total kredit pertanian di Wilayah Lampung sebesar Rp2,42 triliun, terbesar disalurkan di Kota Bandarlampung (87,81 persen) disusul Kota Metro (7,70 persen) dan Kabupaten Lampung Utara (1,77 persen).
Pemimpin KBI Bandarlampung menjelaskan, berdasarkan data Agustus 2011, kredit pertanian dan perikanan tersebut turun sebesar Rp6,35 miliar atau minus 2,56 persen dari posisi Januari 2011 senilai Rp2,49 triliun.
Sementara kredit UMKM pertanian mencapai Rp1,17 triliun atau sebesar 48,12 persen dari total kredit pertanian Wilayah Lampung Rp2,42 triliun.
Berdasarkan data, kredit UMKM pertanian meningkat sebesar Rp89,5 miliar atau 8,31 persen (ytd), sedang kredit non UMKM pertanian turun sebesar Rp153,05 miliar atau minus 10,86 persen. Komoditas utama sektor pertanian di Lampung lanjutnya, didominasi oleh perkebunan kelapa sawit (48,5 persen), dan karet (27,55 persen), sedangkan sektor perikanan didominasi oleh perikanan budidaya (98,70 persen).
Di sisi lain, dari total kredit pertanian dan perikanan sebesar Rp99,14 triliun, masih didominasi oleh kredit bukan UMKM sebesar Rp76,15 triliun (76,81 persen) dan kredit UMKM pertanian hanya mencapai Rp22,99 triliun (23,19 persen).Pangsa kredit UMKM pertanian berkisar antara 21 persen hingga 23,5 persen dengan kecenderungan meningkat.
Sejak Januari hingga Agustus 2011, kredit UMKM pertanian meningkat Rp3,84 triliun atau 20,05 persen.Sementara itu, Bank Indonesia bersama pemerintah dan perbankan lainnya terus mendorong penyaluran kredit perbankan di sektor pertanian, perkebunan dan peternakan guna menjaga ketahanan pangan di Tanah Air.
Progamnya antara lain penyaluran skim Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KPP-E) dan Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS) di Provinsi Lampung hingga per Agustus 2011 sekitar Rp1,2 triliun.
Selain itu pada periode yang sama, skim Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang termasuk dalam kredit yang didorong oleh pemerintah mempunyai baki kredit sebesar Rp581,64 triliun.Sejumlah bank umum telah berperan menyalurkan kredit tersebut diantaranya BRI, BNI, Bank Mandiri, CIMB, Bukopin, BCA dan lain-lain.
Pemerintah telah meluncurkan skim kredit yang dapat diakses oleh petani, peternak maupun pekebun meliputi skim kredit program bersubsidi (bunga) yakni Kredit Ketahanan Pangan dan Energi, Kredit Pengembangan Energi Nabati dan Revitalisasi Perkebunan (KPEN-RP), dan Kredit Usaha Pembibitan Sapi serta skim kredit dengan pola penjaminan, yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR).











DAFTAR PUSTAKA



Anonim a. 2011. Kredit Pertanian di Lampung Capai Rp242 Triliun. http://www.antarasumbar.com/id/berita/nusantara/d/22/191960/kredit-pertanian-di-lampung-capai-rp242-triliun.html. Diakses pada tanggal 15 Desember 2012 pukul 21.00 WIB.
Maryandani, Alvino. 2012. Mengulik Konsep Bank Pertanian. http://ekonomi.kompasiana.com/agrobisnis/2012/05/16/mengulik-konsep-bank-pertanian-457623.html. Diakses pada tanggal 7 Desember 2012 pukul 21.35 WIB.
Mubyarto. 1977. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES. Jakarta.
Slamet dan Sujadi. 2012. BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) sebagai Sumber Kredit untuk Petani. http://tabloidsinartani.com/Agriwacana/BLUD-Badan-Layanan-Umum-Daerah-sebagai-Sumber-Kredit-untuk-Petani.html. Diakses pada tanggal 15 Desember 2012 pukul 20.00 WIB.

17 komentar:

  1. Halo, nama saya Paula Pinto, korban penipuan di tangan kreditur palsu. saya telah kehilangan sekitar $ 45.000,00 karena saya butuh modal besar dari $ 200.000,00. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. saya tidak bisa berdiri ini terjadi lagi. Maret 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, Mrs Maria Jorge, yang pada akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk nasihat sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Maria Jorge melalui email: (mariajorgeglobalfinance@gmail.com ). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (paulapinto890@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  3. i Mrs Farida dari Surabaya, Indonesia, saya menggunakan media untuk menginformasikan saudara-saudara bagaimana saya mendapat pinjaman dari ibu yang baik ketika anak saya sakit dan membutuhkan transplantasi ginjal saya tidak punya uang semua orang menolak saya saya saya, bank saya menyesal saya sampai paman saya memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang baik bernama Williams Owens, mereka memberi saya pinjaman untuk membayar tagihan medis anak saya dan mendirikan usaha tanpa agunan dengan bunga hanya 2%, mereka kuman belakang kehidupan saver, semoga Tuhan terus memberkati dia untuk perbuatan baik nya, jika Anda membutuhkan pinjaman atau bantuan keuangan untuk melunasi utang Anda atau berinvestasi dalam bisnis Anda saya akan mendorong Anda untuk menghubungi perusahaan melalui email williamsowensloanfirm@gmail.com
    dalam kasus untuk dan pertanyaan atau saran saya dapat dihubungi melalui email di buharifarida@gmail.com. semoga damai dan berkah Allah menjaga kita semua.

    BalasHapus
  4. Halo setiap nama saya Salfiah Cholid Saya ingin memperingatkan setiap salah satu penipuan pinjaman online saat ini yang telah tersebar di seluruh dunia saat ini harap diberitahu bahwa ada juga bentuk pinjaman legit karena DHL EXPRESS yang kita semua tahu telah ditetapkan sebuah perusahaan pinjaman untuk membantu mimpi keuangan kami, mereka memberi saya pinjaman dengan tingkat bunga 2% tanpa agunan aku masih tidak percaya tapi nyata saya telah ditipu berkali-kali tapi mereka membawa kembali kegembiraan dalam hidup saya. Jika pernah Anda membutuhkan pinjaman menghubungi mereka sekarang info.dhlexpressloans@gmail.com atau dhlexpressloans@gmail.com dan melihat keajaiban DHL pada langkah pintu Anda. Anda dapat menghubungi saya jika Anda memiliki pertanyaan tentang salfiahcholid@gmail.com...

    BalasHapus
  5. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  6. Anda harus membayar rekening pinjaman untuk menghubungi kami bila pemberian pinjaman serendah tingkat bunga 2%, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui e-mail andmoris38@gmail.com

    BalasHapus
  7. Halo,
    Ini tahun baru lagi, apakah Anda mengalami kerugian finansial? Apakah bisnis Anda menangis demi kebangunan rohani, apakah Anda mencari pinjaman di bank dan tangan pemberi pinjaman yang salah dan Anda di mana menolak? Tidak mencari lagi, Kami adalah kreditur yang dapat diandalkan dan kami memprakarsai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan untuk mendapatkan hak istimewa untuk memungkinkan mereka membangun bisnis mereka sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami melalui email: gloryloanfirm@gmail.com dan isi formulir di bawah ini.

    DATA BORROWER
    1) Nama Lengkap: ......... 2) Negara: ...... 3) Alamat: ......... 4) Gender: ..................
    5) Status Perkawinan: ... ..... 6) Pekerjaan: .......... 7) Nomor Telepon: ........................... 8) Saat ini posisi di tempat kerja: .... ............ 9) bulanan ...... ...................
    10) Durasi Pinjaman: ............... 11) Tujuan Pinjaman: ............... 12) Agama: ............
    13) Tanggal lahir: ........................

    Mohon melamar perusahaan yang sah, kesuksesan anda adalah tujuan kami.

    BalasHapus
  8. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  9. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  10. Hari yang baik untuk semua warganegara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, saya ingin berkongsi kesaksian hidup saya di sini di platform ini supaya semua warganegara Indonesia berhati-hati dengan pinjaman pemberi pinjaman di internet dari NIGERIA dan lain-lain sebahagian daripada AFRICA,

    Setelah beberapa lama cuba mendapatkan pinjaman dari institusi kewangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk memohon pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan Rp18.7 juta, kepada seorang wanita di Saudi Arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat terdesak untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya mengadakan perbincangan dengan kawan saya, Puan Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudiannya memperkenalkan saya kepada Lady Esther, Pengurus Cawangan Firma Akses Pinjaman, jadi kawan saya meminta saya memohon LADY ESTHER, jadi saya Screams dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui e-mel: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya memohon pinjaman sebanyak Rp200 juta dengan kadar faedah sebanyak 2%, supaya pinjaman itu diluluskan dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya telah diberitahu untuk mendapatkan sijil perjanjian lesen untuk memindahkan kredit saya dan dalam masa kurang dari satu setengah jam wang yang dipinjam telah dimasukkan ke dalam akaun bank saya.

    Saya fikir ia adalah satu jenaka sehingga saya menerima panggilan dari bank saya bahawa akaun saya telah dikreditkan dengan jumlah sebanyak Rp200 juta. Saya sangat gembira bahawa akhirnya Allah telah menjawab doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asal saya, yang telah memberikan saya keinginan hatiku.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menasihati sesiapa yang berminat untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Puan LADY ESTHER dengan baik melalui e-mel: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman anda

    Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anda semua untuk meluangkan masa untuk membaca kesaksian hidup saya yang benar tentang kejayaan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup anda. anda boleh menghubungi saya untuk maklumat lanjut melalui e-mel saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  11. Nama saya, jayachandra fadhlan
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk menipu orang. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana Ibu KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan demikian. tahu tentang perusahaan-perusahaan fashion. Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi Mrs. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (312) 8721- 592 Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan sejahtera.

    BalasHapus
  12. Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  13. Nama saya SHARON LOGAN, saya dari Washington, DCUSA, saya ingin menggunakan media ini untuk menulis kepada orang-orang di internet yang membutuhkan pinjaman nyata, bahwa jika Anda memerlukan pinjaman tanpa ditipu, berlaku dari KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya seorang guru. Saya ditipu 2 kali oleh perusahaan palsu yang ingin menjadi pemberi pinjaman tetapi pada akhirnya scammed, tetapi sekarang saya tidak lagi khawatir karena KARINA ROLAND telah membantu saya jadi jika Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melakukan proyek atau bisnis apa pun yang akan membuat perusahaan ini tersenyum di wajah Anda. Saya juga telah memperkenalkan sebagian besar teman saya ke perusahaan ini dan hanya 2 teman saya yang mengatakan kepada saya bahwa mereka telah menerima pinjaman di sana, salah seorang teman saya menerima pinjaman $ 39.000,00 dolar dan yang lain dari teman saya menerima jumlah $ 65.000,00 dolar sehingga siapa pun yang membutuhkan pinjaman online berlaku dari perusahaan ini dan Anda akan yakinlah, karena perusahaan ini sangat membantu dan Tuhan akan terus menggunakannya untuk membantu orang yang membutuhkan loa n. Jika Anda memerlukan pinjaman online, lamar dari perusahaan ini dan hubungi mereka melalui ini berarti alamat email karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp hanya +13128721592 dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email sharonlogan023@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, terima kasih semuanya.

    BalasHapus
  14. BERITA BAIK!!

    Nama saya Yula Falentina dari Surabaya dan kini tinggal di Malaysia. terima kasih kepada REBACCA ALMA LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman sebanyak RM760,000 pada kadar faedah yang sangat rendah kira-kira 2%.

    Saya telah ditipu oleh penipu dalam talian bulan lepas, terima kasih kepada Tuhan yang menggunakan Rebecca Alma untuk menamatkan semua kecurigaan saya dalam hidup saya, saya tidak pernah percaya saya boleh mendapatkan syarikat pinjaman asli, jadi saya mencari pinjaman tanpa sejarah kredit dan saya mempunyai banyak bank dan syarikat kewangan untuk menghalang saya, tetapi semua ditolak.

    Saya melihat halaman di internet dan saya melihat seorang wanita yang berkongsi kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari REBECCA ALMA LOAN COMPANY. Saya menghubungi ibu Rebecca dengan keyakinan dan dalam masa 2 jam, saya mendapat pinjaman, maka saya menyedari bahawa tidak semua syarikat pinjaman di blog itu benar-benar palsu kerana semua hutang saya telah dibayar. Saya berjanji kepada Tuhan untuk berkongsi kesaksian hidup saya kerana mereka memberi saya harapan lagi. Sila berhati-hati apabila mencari syarikat pinjaman kerana ada syarikat pinjaman palsu yang akan menipu anda dengan wang anda namun anda tidak akan mendapat pinjaman. Hubungi ibu Rebecca melalui e-mel: rebaccaalmaloancompany@gmail.com atau anda masih boleh menjangkau ibu Rebacca melalui nombor WhatsApp: +14052595662.

    Anda masih boleh menghubungi saya melalui alamat e-mel saya: yulafalentina944@gmail.com

    Semoga Tuhan memberkati anda semua apabila anda mendapat pinjaman dari Rebacca Alma Loan Company dan juga berkongsi berita baik agar orang tidak akan jatuh untuk syarikat palsu di mana-mana.

    BalasHapus
  15. Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia

    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"
    [[[[Berikut adalah data peribadi saya]]]]
    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus
  16. Nama saya, jayachandra fadhlan
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk menipu orang. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana Ibu KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan mode. Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi Mrs. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya Whatsapp +15857083478 Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan sejahtera.

    BalasHapus
  17. Selamat Tahun Baru dengan umur panjang dan Kemakmuran

    BERITA BAIK BERITA BAIK BERITA BAIK

    PINJAMAN PELUANG !!!
    Apakah Anda mencari pemberi pinjaman pribadi? Apakah Anda memerlukan pinjaman segera? Apakah Anda memiliki kredit buruk? Apakah bank Anda gagal? Saya dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman. Tidak ada jaminan yang diperlukan. Saya seorang investor swasta yang mengkhususkan diri dalam menyediakan semua jenis dana investasi, termasuk reksa dana, pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, pinjaman real estat, kombinasi pinjaman mobil, pinjaman konsolidasi, pinjaman komersial, dll. rasa sakit adalah milikmu aku akan memenuhi janjimu
    Tidak ada permainan, bisnis saja Jumlah Pinjaman: Minimum $1.000 hingga jumlah pinjaman maksimum $10.000.000 Tingkat suku bunga pinjaman: 2% Area pinjaman: seluruh dunia Durasi maksimum: hingga 20 tahun.
    Jika Anda tertarik, lengkapi formulir permohonan pinjaman di bawah ini: Informasi Peminjam:
    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Seks: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah pinjaman: _______
    Durasi pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _________
    Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui pesan email pribadi kami christaelloancompany@gmail.comWhatsapp number + 15614916019Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi nomor kantor pusat saya 24 jam layanan +1 (917) 746-1022

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Berilah komentar yang sopan dan sesuai tatakrama orang Indonesia, terimakasih.