Kamis, 31 Oktober 2013

CONTOH TERM OF REFERENCE (Tugas Kewirausahaan)



Nama : Dian Eprianda            (1114131027)
            Fadloli Akhmad          (1114131043)


TERM OF REFERENCE
USULAN USAHA AGROWISATA ORGANIK
PT. GREEN GOLD AGROWISATA AND RESORT
A.    Identifikasi Pengusaha
Dian dan Fadloli merupakan mahasiswa yang memiliki kelebihan ide yang belum dapat kami salurkan secara langsung saat ini ketika sedang kuliah di Universitas Lampung, Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian. Maka dari itu, kami mencoba membuka usaha dengan cara mengaplikasikan ilmu kami terhadap proyek besar yang menggunakan sistem pertanian terpadu yang berbasis konservasi lingkungan serta wisata ini. Dari hasil analisis usaha dan contoh yang telah ada kami yakin bahwa usaha yang kami pilih akan memberikan keuntungan yang besar serta dapat menjaga keseimbangan alam.

B.     Legalitas Perusahaan

Perusahaan yang kami dirikan ini direncanakan memiliki badan hukum yang kuat. Jenis usaha ini termasuk usaha besar. Oleh sebab itu sebelum kami mendirikan usaha ini dibutuhkan izin dari Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata, dan SITU/SIUP serta memperhatikan AMDAL.

C.     Jenis Atau Macam Komoditas

Jenis usaha yang kami dirikan berbasis pariwisata di bidang pertanian. Kami memilih jenis usaha seperti ini karena di Lampung masih sangat sedikit oran yang mendirikan usaha semacam ini padahal Lampung memiliki potensi pertanian yang bagus serta masyarakat khususnya di Lampung butuh tempat rekreasi yang tidak sekedar menyajikan hiburan tetapi juga memberikan pendidikan pertanian yang berbasis konservasi lingkungan. Karena usaha kami Agrowisata, sehingga komoditas yang ditanam adalah tanaman hortikultura organik yang memiliki estetika dan nilai ekonomi yang tinggi.

D.    Dasar-dasar Pertimbangan

Usaha Agrowisata ini kami pilih menurut sebab banyak masyarakat belum tahu pertanian yang berbasis lingkungan khususnya masyarakat yang tinggal di perkotaan. Hal ini lah yang menjadi pondasi kami memilih agrowisata sebagai tempat usaha untuk mencari profit yang besar. Selain itu dengan prinsip manusia yang cepat jenuh setelah melakukan aktivitas harianbaik sebagai pekerja maupun pelajar pasti mereka membutuhkan sarana hiburan yang memiliki udara yang segar, nyaman, asri, sehat dan suasana baru. Dalam usaha ini juga pengunjung dapat memetik hasil pertanian yang kami usahakan dengan tangan mereka sendiri sehingga mereka memiliki kepuasan tersendiri namun, setelah memetik mereka harus membayar sejumlah yang mereka petik.

E.     Lokasi atau tempat pelaksanaan

Kami memilih lokasi usaha di kaki gunung Tanggamus kabupaten Tanggamus karena lokasinya memiliki udara yang sejuk serta panorama bukit dan pantai yang indah. Kami tidak membuat usaha di pulau yang sama hanya saja kalau banyak investor yang ingin menginvestasikan uangya maka kami akan mengembangkan usaha di pulau lainnya. Kami tidak mendirikan usaha ini dipulau yang sama karena dikhawatirkan akan menimbulkan persaingan antar cabang

F.      Permodalan dan Fasilitas utama
Modal yang kami dapatkan untuk mendirikan usaha agrowisata ini adalah dari pinjaman bank. Dan kami juga mengajukan proposal pendirian usaha kepada sponsor- sponsor yang ingin bekerjasama dalam usaha agrowisata ini. Fasilitas yang kami gunakan adalah perlengkapan pesta, alat pertanian, alat kebersihan, alat kesehatan, dan alat hitung.

G.    Rencana Pasar dan Pemasaran
Rencana pasar pemasaran yang kami tuju yaitu pelajar, mahasiswa, serta masyarakat umum. Selain itu kami juga merencanakan kerjasama dengan berbagai universitas di skitar tempat usaha dengan tujuan memberikan wawasan serta dimungkinkan mahasiwa tersebut dapat menjadi duta agrowisata kami yang dibayar sehingga masyarakat mempunya peran dalam agrowisata kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Berilah komentar yang sopan dan sesuai tatakrama orang Indonesia, terimakasih.