Kamis, 31 Oktober 2013

Makalah SOSPER PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL PETANI TERHADAP PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM YANG DIAKIBATKAN OLEH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Untuk kali ini saya posting makalah Sosiologi Pertanian yang berjudul:



PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL PETANI TERHADAP PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM YANG DIAKIBATKAN OLEH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
(Paper Mata Kuliah Sosiologi Pertanian )



Oleh:
Arif Setiawan                          (1114131015)
            Novita Niarsari filly                (1114131085)            
Sonya Liza Anggraini             (1114131111)
                      
 





PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2012







I.     PENDAHULUAN



1.1    Latar Belakang

Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah. Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini.

 Penggunaan sumber daya alam dapat dimaksimalkan dengan penggunaan teknologi karena dengan penggunaan teknologi hasil dari sumber daya alam tersebut dapat lebih bermanfaat dan berdaya guna. Teknologi diyakini sebagai alat pengubah. Sejarah membuktikan evolusi teknologi selalu terjadi sebagai tujuan atas hasil upaya keras para jenius yang pada gilirannya temuan teknologi tersebut diaplikasikan untuk memperoleh kemudahan dalam aktivitas kehidupan dan selanjutnya memperoleh manfaat dari padanya. Terdapat urutan yang sistematis dalam perkembangan teknologi, diawali dengan persoalan yang diciptakan atau yang dihadapi dalam keseharian.

 Tahapan berikutnya, temuan teknologi ini diperkenalkan kepada masyarakat dan jika terbukti dapat membantu memudahkan aktivitas manusia kemudian memasuki tahap komersial. Mereka yang mampu me


miliki teknologi menjadi penerima manfaat (beneficiaries) teknologi, sedangkan yang tidak mampu berada pada lingkaran luar penerima manfaat teknologi. Kondisi mampu dan tidak mampu dalam memiliki teknologi inilah yang menjadi penyebab awal (primal causal) dari kesenjangan ekonomi dan sosial. Karena teknologi sebagai alat peubah maka kita dapat membuat petani mengubah pola berpikir dan berprilaku terhadap pengelolaan sumber daya alam.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, maka terdapat beberapa perumusah masalah yang akan diidentifikasikan sebagai berikut :
1. Adakah perbedaan perubahan sosial pada tingkat pendidikan dalam masyarakat petani?
2. Perubahan apa saja yang diakibatkan oleh perkembangan teknologi    terhadap para petani?

1. 3 Tujuan
Berdasarkan permasalahan yang dikemukakan di atas, maka paper yang telah dibuat ini bertujuan untuk :
1. Mengetahui perbedaan perubahan sosial masyarakat petani terhadap tekhnologi dilihat dari tingkat pendidikan.
2. Mengetahui perubahan yang diakibatkan oleh perkembangan teknologi terhadap para petani





II.      ISI



Berdasarkan data yang kami dapatkan dari Kepala Desa Umbul Lerih, Kelurahan Tanjung Alok, kami membagi data kami ke dalam 4 bagian yang terdiri dari; 1) perubahan perilaku masyarakat petani dilihat dari tingkat pendidikan; 2) Perubahan sosial ekonomi; 3) Perubahan persepsi masyarakat terhadap masalah dan kualitas hidup; dan 4) Perubahan persepsi pengaruh kegiatan manusia terhadap sumberdaya alam.

2.1    Perubahan Sosial Masyarakat Petani Terhadap Teknologi  Dilihat Dari Tingkat Pendidikan

Gambaran mengenai diterima atau tidaknya suatu teknologi oleh para petani berdasarkan tingkat pendidikannya terlhat pada tabel di bwah ini.

Tingkat Pendidikan
Menerima dan Menggunakan Tekhnologi
Menerima Tetapi Tidak Menggunakan Tekhnologi
Menolak Tekhnologi
SD
9%
23%
68%
SMP
25%
33%
42%
SMA
60%
27%
13%

Dari tabel tersebut dapat dilihat, bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan para petani, maka semakin tinggi penerimaan merka terhadap teknologi yang mempermudah dalam kegiatan pertanian. Dan sebaliknya juga, semakin rendah tingkat pendidikan para petani, semakin tinggi penolakan



mereka terhadap tekhnologi baru yang kebanyakan diakibatkan kemalasan mereka untuk mempelajari teknologi tersebut. 


2.2    Perubahan  ekonomi

Peningkatan ekonomi atau perubahan ekonomi suatu desa/ tempat dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan masyarakat desa tersebut. Berdasarkan data yang kami dapat, selama periode 2007 sampai dengan 


Lanjutan dari makalah dapat anda download di link bawah ini:



download file: PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL PETANI TERHADAP PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM

Terimakasih

Apabila tidak/belum bagaimana cara downloadnya klik : PANDUAN DOWNLOAD FILE 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Berilah komentar yang sopan dan sesuai tatakrama orang Indonesia, terimakasih.