Kamis, 31 Oktober 2013

DDPK : KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Untuk kali ini saya posting tentang MK Dasar - Dasar Penyuluhan Dan Komunikasi




KOMUNIKASI INTERPERSONAL
(Laporan Dasar – Dasar Penyuluhan dan Komunikasi)

Disusun Oleh:
Arif Setiawan              (1114131015)
Elisa                                       
M. Ansyarullah                      
Niken Wiandhani                   
Novita Niarsari .F                  
Rini Pradita                            
Sany Rizal .R                         
Tri Agustam                           







PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2012




I.  PEMBAHASAN



1.1  Definisi Komunikasi interpersonal

Kita dapat memahami makna atau pengertian dari komunikasi interpersonal dengan mudah jika sebelumnya kita sudah memahami makna atau pengertian dari komunikasi intrapersonal. Seperti menganonimkan saja, komunikasi intrapersonal dapat diartikan sebagai penggunaan bahasa atau pikiran yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri. Jadi dapat diartikan bahwa komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang membutuhkan pelaku atau personal lebih dari satu orang. R Wayne Pace mengatakan bahwa komunikasi interpersonal adalah Proses komunikasi yang berlangsung antara 2 orang atau lebih secara tatap muka.

Komunikasi interpersonal juga di definisikan olehJoseph A. Devito (1989) dalam bukunya “The Interpersonal Comunication book” sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan – pesan antara dua orang atau di antara sekelompok kecil orang – orang, dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketika. Jadi dari definisi, komunikasi antar pribadi (interpersonal) dapat berlangsung antara dua orang dalam suatu pertemuan, misalnya antaraseorang penyuluh dengan salah seorang petani pada pelaksanaan penyuluhan di suatu desa.

Proses komunikasi antar pribadi penting, karena prosesnya memungkinkan berlangsungnya secara dialogis selalu lebih baik dari pada secara monologis. Monologi menunjukan suatu bentuk komunikasi di mana seseorang berbicara
yang lain mendengarkan, jadi tidak dapat interaksi yang aktif hanya komunikator saja, sedangkan komunikasi bersifat pasif. Dialogis adalah

bentuk komunikasi antarpribadi yang menunjukan terjadinya interaksi. Merka yang terlibat dalam komunikasi bentuk ini berfungsi ganda, masing – masing menjadi pembicara dan pendengar secara bergantian. Dalam proses komunikasi dilogis, Nampak adanya upaya dari pelaku komunikasi untuk terjadinya pengertian bersama (mutual understanding) dan empati. Disitu terjadinya rasa saling menghormati bukan disebabkan status ekonomi, melinkan di dasarkan pada anggapan bahwa masing – masing adalah manusia yang wajib, berhak, pantas dan wajar dihargaidan di hormati sebagai manusia.



1.2  Tujuan Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal memiliki beberapa tujuan:

a.    Menemukan Diri Sendiri
Salah satu tujuan komunikasi interpersonal adalah menemukan personal atau pribadi. Bila kita terlibat dalam pertemuan interpersonal dengan orang lain kita belajar banyak sekali tentang diri kita maupun orang lain.
Komunikasi interpersonal memberikan kesempatan kepada kita untuk berbicara tentang apa yang kita sukai, atau mengenai diri kita. Adalah sangat menarik dan mengasyikkan bila berdiskusi mengenai perasaan, pikiran, dan tingkah laku kita sendiri. Dengan membicarakan diri kita dengan orang lain, kita memberikan sumber balikan yang luar biasa pada perasaan, pikiran, dan tingkah laku kita.

b.   Menemukan Dunia Luar
Hanya komunikasi interpersonal menjadikan kita dapat memahami lebih banyak tentang diri kita dan orang lain yang berkomunikasi dengan kita. Banyak informasi yang kita ketahui datang dari komunikasi interpersonal, meskipun banyak jumlah informasi yang datang kepada kita dari media massa hal itu seringkali didiskusikan dan akhirnya dipelajari atau di pahami melalui interaksi interpersonal.



 Lanjutan dari makalah dapat anda download di link bawah ini:

Download file DDPK : Komunikasi Interpersonal


Terimakasih
 Silahkan anda download filenya, pesan saya supaya isinya tidak di copy-paste semua, melainkan hanya sebagai referensi anda.

Apabila tidak/belum bagaimana cara downloadnya klik : PANDUAN DOWNLOAD FILE 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Berilah komentar yang sopan dan sesuai tatakrama orang Indonesia, terimakasih.