Kamis, 31 Oktober 2013

EKOLOGI MANUSIA: GLOBAL WARMING

Untuk kali ini saya posting tentang Mata Kuliah Ekologi Manusia yaitu yang berjudul:



PEMANASAN GLOBAL
(Makalah Responsi Mata Kuliah Ekologi Manusia)






Oleh

Adyguna WF Simamora         1114131003
Anisa Maya Sari                      1114131009
Fadloli Akhmad                      1114131043
Sonya Liza Anggraini             1114131111
Tiar Agustina Tamba               1114131113










PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2012



BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang
Pemanasan global merupakan peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi.Cahaya matahari yang masuk ke bumi akan ditahan oleh lapisan ozon agar sinar yang masuk ke dalam bumi adalah sinar yang tidak membahayakan bagi makhluk hidup dan lapisan ozon akan mempertahankan suhu bumi agar tetap stabil. Radiasi matahari yang masuk ke bumi dalam bentuk gelombang pendek yang menembus atmosfer bumi kemudian berubah menjadi gelombang panjang ketika mencapai permukaan bumi. Setelah mencapai permukaan bumi, sebagian gelombang dipantulkan kembali ke atmosfer. Akan tetapi tidak semua gelombang panjang yang dipantulkan kembali oleh bumi dapat menembus atmosfer menuju angkasa luar karena dihadang dan diserap oleh gas-gas yang berada di atmosfer yang disebut gas rumah kaca. Peristiwa alam ini dikenal dengan efek rumah kaca.
Masalah timbul ketika aktivitas manusia menyebabkan peningkatan konsentrasi gas rumah kaca secara signifikan, sehingga menyebabkan akumulasi panas di atmosfer yang mempengaruhi sistem iklim global. Hal ini menyebabkan naiknya temperatur rata-rata bumi yang dikenal dengan pemanasan global. Pemanasan global pada akhirnya menyebabkan terjadinya perubahan iklim, atau tepatnya perubahan beberapa variabel iklim seperti suhu udara dan curah hujan.


Makalah ini dibuat untuk menambah pengetahuan tentang pemanasan global atau global warming yang sedang terjadi saat ini. Banyak faktor atau penyebab yang membuat pemanasan global itu sendiri terjadi. Masalah dunia ini belum bisa teratasi, belum ada solusi yang efektif untuk menyelesaikannya. Mungkin sudah banyak penanggulangan yang sudah dilakukan , akan tetapi belum terlalu terlihat hasilnya yang dapat kita rasakan.
B.      Tujuan
Adapun beberapa tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui penyebab dari Pemanasan Global
2.      Untuk mengetahui dampak dari Pemanasan Global yang terjadi di bumi












BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


Pemanasan global atau yang sering juga disebut global warming adalah peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi yang disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca. Pemanasan Global akan diikuti dengan perubahan iklim, seperti meningkatnya curah hujan di beberapa belahan dunia sehingga menimbulkan banjir dan erosi. Sedangkan, di belahan bumi lain akan mengalami musim kering yang berkepanjangan disebabkan kenaikan suhu (Wikipedia, 2012).         
Kerjasama internasional diperlukan untuk mensukseskan pengurangan gas-gas rumah kaca. Di tahun 1992, pada Earth Summit di Rio de Janeiro, Brazil, 150 negara berikrar untuk menghadapi masalah gas rumah kaca dan setuju untuk menterjemahkan maksud ini dalam suatu perjanjian yang mengikat. Pada tahun 1997 di Jepang, 160 negara merumuskan persetujuan yang lebih kuat yang dikenal dengan Protokol Kyoto. Perjanjian ini, yang belum diimplementasikan, menyerukan kepada 38 negara-negara industri yang memegang persentase paling besar dalam melepaskan gas-gas rumah kaca untuk memotong emisi mereka ke tingkat 5 persen di bawah emisi tahun 1990. Pengurangan ini harus dapat dicapai paling lambat tahun 2012.


Pada mulanya, Amerika Serikat mengajukan diri untuk melakukan pemotongan yang lebih ambisius, menjanjikan pengurangan emisi hingga 7 persen di bawah tingkat 1990; Uni Eropa, yang menginginkan perjanjian yang lebih keras, berkomitmen 8 persen; dan Jepang 6 persen. Sisa 122 negara lainnya, sebagian besar negara berkembang, tidak diminta untuk berkomitmen dalam pengurangan emisi gas (Scribd, 2012).  
Perubahan iklim global sebagai peristiwa naiknya intensitas efek rumah kaca yang terjadi karena adanya gas dalam atmosfer yang menyerap sinar panas yaitu sinar infra merah yang dipancarkan oleh bumi (Budianto, 2001).
Ditinjau dari kejadiannya, pemanasan global merupakan kejadian yang diakibatkan oleh:
1.      Meningkatnya temperature rata-rata pada lapisan atmosfer,
2.      Meningkatnya temperatur pada air laut, dan
3.      Meningkatnya temperatur pada daratan.
Gejala terjadinya pemanasan global dapat diamati dan dirasakan dengan adanya:
1.      Pergantian musim yang tidak bisa diprediksi
2.      Hujan badai sering terjadi di mana-mana,
3.      Sering terjadi angin putting beliung,
4.      Banjir dan kekeringan terjadi pada waktu yang bersamaan,
5.      Penyakit mewabah di banyak tempat, dan
6.      Terumbu karang memutih (Gatut Susanta, 2009).
Dalam The World is Flat (2005), Thomas L. Friedman berependapat bahwa revolusi teknologi yang telah menjadikan lapangan bermain ekonomi dunia rata dan memungkinkan begitu banyak orang di seluruh dunia saling bersaing, saling berhubungan, dan berkolaborasi mengantar kita ke babak baru sebuah era globalisasi yang akan memiliki dampak dahsyat pada peristiwa ekonomi, politik, militer dan sosial. Akan tetapi peristiwa – peristiwa ada beberapa tahun terakhir telah menjelaskan bahwa dua kekuatan lain yang sangat dahsyat sedang mempengaruhi planet kita secara mendasar : pemanasan bumi (global warming) dan ledakan jumlah penduduk dunia. Dalam analisis yang dilakukan digambarkan bahwa konvergensi pemanasan bumi, rataan bumi, dan penuh sesaknya bumi merupakan masalah paling penting dalam  dunia yang kita tinggali dewasa ini. Lima masalah pokok yang secara dramatis diperparah oleh dunia yang panas, rata, dan penuh sesak. Masalah – masalah itu adalah meningkatnya permintaan atas pasokan energi dan sumber daya alam yang semakin langka, perpindahan besar-besaran kekayaan ke negara-negara kaya minyak dan para petrodiktator mereka, terganggunya perubahan iklim, kemiskinan energi serta percepatan luar biasa penurunan keragaman hayati. Karena masalah ini bukan masalah biasa, yang mana pin masalah itu, jika tidak dikelola dengan tepat, dapat menimbulkan gangguan-gangguan yang serentak,tidak linier, tak terbalikkan, yang mungkin memengaruhi beberapa enerasi mendatang sekaligus. Bila kita ingin memecahkan masalah ini, kita akan memerlukan alat-alat baru, infrastruktur baru, cara berpikir baru, dan cara kerja yang baru pula ( Thomas L. Friedman,2009 ).





BAB III
ISI DAN PEMBAHASAN


A.    Pengertian Pemanasan Global
Pemanasan global atau yang sering juga disebut global warming adalah peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi yang disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca. Pemanasan Global akan diikuti dengan perubahan iklim, seperti meningkatnya curah hujan di beberapa belahan dunia sehingga menimbulkan banjir dan erosi. Sedangkan, di belahan bumi lain akan mengalami musim kering yang berkepanjangan disebabkan kenaikan suhu.
B.     Penyebab Pemanasan Global
  1. Efek Rumah Kaca
Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal 



 Lanjutan dari makalah dapat anda download di link bawah ini:

Download File EKMAN: Pemanasan Global


Terimakasih
 Silahkan anda download filenya, pesan saya supaya isinya tidak di copy-paste semua, melainkan hanya sebagai referensi anda.

Apabila tidak/belum bagaimana cara downloadnya klik : PANDUAN DOWNLOAD FILE 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Berilah komentar yang sopan dan sesuai tatakrama orang Indonesia, terimakasih.