Kamis, 31 Oktober 2013

KPU : PERKEMBANGAN PELAKSANAAN SENSUS, SURVEI, dan REGISTRASI DI INDONESIA



PERKEMBANGAN PELAKSANAAN SENSUS, SURVEI, dan REGISTRASI DI INDONESIA
( Tugas Matakuliah Kependudukan )



Oleh:
1.     Ahmad Syafei                1114131005
2.     Fadloli Akhmad             1114131043
3.     Sonya Liza Anggraini    1114131111




 




JURUSAN AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2012



A. Sensus
1. Pengertian Sensus
Sensus Penduduk sebagai keseluruhan proses pencacahan (collecting),pengumpulan ( compilling),penyusunan( tabulation), dan penerbitan (publishing) datademografi, ekonomi dan sosial yang menyangkut semua orang, padawaktu tertentu di suatunegara atau suatu wilayah tertentu (PBB, 1958)
2. Sejarah Sensus di Dunia
Istilah dan aktivitas sensus ternyata sudah ada sejak 6.000 tahun yang lalu. Sejak Zaman Kuno, manusia telah mengenal sensus sebagai bagian dari eksistensi dan kebesaran suatu bangsa. Berita sensus menggema ke seluruh dunia dari zaman Babilonia, zaman Musa, zaman Kekaisaran Rumawi dan zaman kejayaan Dynasty Han di China. Sejarah mengajarkan kepada kita bahwa sensus adalah bagian dari kehidupan dan peradaban manusia.
Kata sensus (census) berasal dari bahasa romawi kuno “censere”yang berarti “estimates”. Menurut catatan, Sensus Penduduk pertama telah berlangsung sejak zaman Babylonia 3800 tahun sebelum masehi atau kira-kira 6000 tahun yang lalu.Pada mas tersebut, sensus sangat berguna untuk menghitung jumlah penduduk, ternak, ketersediaan madu, susu, dan sayuran yang dilakukan setiap 7 tahun sekali. Di masa Nabi Musa, sekitar 1200 tahun SM, Tuhan juga memerintahkan untuk melakukan Sensus Penduduk dan Perumahan (Sumber: Shahjanan Khan,2007,Importance of Statistics for Development). Pada masa Nabi Musa sensus bertujuan menghitung penduduk untuk keperluan pertahanan dan perang.
 Pada bulan Maret, tahun ke-8 sebelum masehi, Caesar Augustus memberi perintah untuk menghitung jumlah seluruh penduduk dalam Kekaisaran Roma dan mengadakan Sensus Penduduk yang dapat dimanfaatkan untuk

memperbaiki perpajakan di negara tersebut. Namun, sensus yang dipandang akurat di masa kekaisaran Romawi adalah di tahun 1 Masehi, di masa kejayaan Caesar Augustus. Dari total penduduk dunia waktu itu (200 sampai 300 juta), penduduk kekaisaran Roma mencapai 45 juta jiwa. Di zaman Romawi sensus dilakukan setiap 5 tahun sekali. Tujuan utama sensusuntuk menghitung penduduk dewasa bagi keperluan bala tentara dan untuk menentukan pajak (New World Encyclopedia,2008)
 

Sensus di Dunia di masa kuno (ancient era) yang dipandang akurat dilaksanakan di China semasa Dynasty Han. Sensus dilakukan pada tahun 2 Masehi yang mencatat jumlah penduduk


 Lanjutan dari makalah dapat anda download di link bawah ini:


Download file: KPU Perkembangan Pelaksanaan Sensus

Terimakasih
 Silahkan anda download filenya, pesan saya supaya isinya tidak di copy-paste semua, melainkan hanya sebagai referensi anda.

Apabila tidak/belum bagaimana cara downloadnya klik : PANDUAN DOWNLOAD FILE 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Berilah komentar yang sopan dan sesuai tatakrama orang Indonesia, terimakasih.