Rabu, 30 Oktober 2013

PENGORGANISASIAN WARGA KOMUNITAS



Menurut Murray Ross, pengorganisasian warga komunitas adalah : Suatu proses dimana masyarakat dapat mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan dan menentukan prioritas dari kebutuhan-kebutuhan tersebut, dan mengembangkan keyakinan untuk berusaha memenuhi kebutuhan-kebutuhan sesuai dengan skala prioritas berdasarkan atas sumber-sumber yang ada dalam masyarakat sendiri maupun yang berasal dari luar dengan usaha secara gotong royong.
Jadi pengorganisasian warga komunitas bukan sekedar memobilisasi massa untuk suatu kepentingan, tetapi suatu proses pergaulan/pertemanan/persahabatan dengan suatu komunitas atau masyarakat yang lebih menitik-beratkan pada inisiatif masa kritis untuk mengambil tindakan-tindakan secara sadar dalam mencapai perubahan yang lebih baik.Dalam menjalankan aktivitas pengorganisasian, prinsip yang harus dipegang dan dijadikan pedoman dalam berpikir dan berbuat bagi seorang pengorganisasi masyarakat adalah :
a.              Membangun pertemanan/persahabatan dengan komunitas atau masyarakat.
b.             Bersedia belajar dari kehidupan komunitas bersangkutan.
c.              Membangun komunitas atau masyarakat dengan berangkat dari apa yang ada atau dimiliki oleh komunitas tersebut.
d.             Tidak berpretensi untuk menjadi pemimpin dan “tetua” dari komunitas tersebut.
Mempercayai bahwa komunitas memiliki potensi dan kemampuan untuk membangun dirinya sendiri hingga tuntas.
Menurut “Adi Sasongko (1978)”, langkah-langkah yang harus ditempuh dalam Pengorganisasian warga komunitas adalah :


Maaf teman, hanya sebagian yang dapat saya tampilkan, isi lebih banyak dapat anda unduh filenya di link bawah ini:



Terimakasih 

Apabila tidak/belum bagaimana cara downloadnya klik : PANDUAN DOWNLOAD FILE 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Berilah komentar yang sopan dan sesuai tatakrama orang Indonesia, terimakasih.